https://magetan.times.co.id/
Berita

Pembaretan SMAN Taruna, Pj Gubernur Jatim: Jangan Sampai Ada Bullying dan Kekerasan

Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:42
Pembaretan SMAN Taruna, Pj Gubernur Jatim: Jangan Sampai Ada Bullying dan Kekerasan Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono saat Prosesi penyiraman bunga dan Pembaretan perwakilan taruna-taruni SMA Negeri Taruna Jawa Timur. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMES MAGETAN, MAGETANPj Gubernur Jatim, Adhy Karyono melakukan pembaretan kepada 1150 siswa taruna-taruni dari 5 SMAN Taruna di Jatim tahun ajaran 2024-2025 yang telah selesai melakukan masa basis selama 3 bulan. Kegiatan pembaretan tersebut dilakukan di Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Selasa (15/10/2024). 

Dalam kegiatan itu Pj Gubernur Jatim mengatakan, pembaretan merupakan sebuah momen dalam pembinaan mental spiritual untuk mencetak SDM yang unggul dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Dalam masa basis selama 3 bulan, para taruna taruni digembleng sehingga membentuk mental yang kuat, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan dan berprestasi dalam akademik," ujarnya. 

Kendati begitu, karena SMAN Taruna sekolah yang berbasis semi militer, dirinya juga menekankan kepada para taruna taruni yang baru saja dilakukan pembaretan untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan, seperti kekerasan dan juga bullying. 

"Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan pada saat proses pendidikan, mereka juga sudah melakukan ikrar tadi, jadi jangan diingkari," ungkapnya. 

Dalam kegiatan pembaretan tersebut, terdapat 5 SMA Negeri Taruna Jawa Timur, Seperti SMAN Taruna Nala Jawa Timur, SMAN 3 Taruna Angkasa Jawa Timur, SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur, SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur dan SMAN Taruna Madani Jawa Timur. 

Prosesi pembaretan diawali dengan penyiraman air bunga, lalu dilanjutkan dengan prosesi pelepasan topi rimba dan pemasangan baret kepada perwakilan taruna-taruni yang diakhiri dengan pembacaan ikrar. 

"InsyaAllah Jawa Timur memiliki SMA Taruna terbanyak, dan juga bisa menjadi SMA percontohan untuk provinsi lain, karena SMA taruna nya Negeri," ungkapnya. 

Sementara itu, dalam kegiatan pembaretan SMAN Taruna tersebut dihadiri Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI Firman Dwi Cahyono, Komandan STTAL, Kabaglapes Biro SDM Polda Jatim, Komandan Korem 081/DSJ, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, beserta tamu undangan lainnya. (*)

Pewarta : Aditya Candra
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Magetan just now

Welcome to TIMES Magetan

TIMES Magetan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.